31/10/2023 18:39
ANNISA (2101103010012)
mahasiswa
Magang/Praktik Kerja
Apa peran saya sebagai mahasiswa akuntansi di Kantor Pelayanan Pajak

Berikut foto tampilan meja Kerja saya selama magang di Kantor Pelayanan Pajak

Tema:

Apa peran saya sebagai mahasiswa akuntansi di Kantor Pelayanan Pajak?

Kebanyakan orang pasti berfikir, anak akuntansi magang di kantor pelayanan pajak ngapain? Ada akuntansinya gak? Awalnya saya juga berfikir serupa, inikan kantor pajak udah pasti ya ngurus perpajakan negara. Tapi setelah aku mulai menjalani magang disini, pemikiran sebelumnya berubah 180°, ternyata kantor pajak pelayanan pajak itu gak cuma melakukan proses pelayanan perpajakan kepada wajib pajak, mereka juga melakukan audit laporan perpajakan, menerbitkan surat tagihan pajak (STP), dan masih banyak lagi. Oke disclaimer dulu yaa, semua yang saya cerita kedepannya hanya yang ada di divisi dimana saya ditempatkan yang kebetulan adalah di divisi pengawasan 1 jadi mungkin ada perbedaan dengan divisi lainnya. Kita cerita mulai dari kekurangan program mbkm  ini kali ya, saya rasa magang di semester 5 itu kurang efektif, kenapa saya bisa bilang begitu? Disuatu siang saya kebetulan makan siang bersama para pegawai pajak yang biasaya disebut AR (account representative). Jadi kedepannya ketika saya ingin mengatakan pegawai pajak saya akan menggunakan istiah AR agar mudah dipahami. Oke lanjut setelah makan siang, sambil menunggu pembayaran salah seorang AR bertanya kepada saya tentang program mbkm ini, sistemnya bagaimana? Bla…bla…bla hingga sampailah ke pertanyaan mata kuliah apa saja yang diekuivalen? Kemudian saya menjawab “advanced, auditing, budgeting…”, belum habis saya sebutkan AR ini langsung bertanya lagi, “auditing udah belajar?”, “Belum kak, baru dapat semester ini” jawab saya apa adanya. AR yang menjadi lawan bicara saya lanjut berkomentar “Wah kasian ya, padahal di divisi kita banyak nih kerjaan auditing, maunya nanti bisa bantu, tinggal kakak kasih laporannya”. Semenjak saat itu saya merasa sangat menyesal karena belum belajar auditing sama sekali. Seandainya sudah belajar kan saya bisa langsung melihat penerapan nyata didunia kerja. Tapi itu semua tidak berakhir disitu, selang beberapa hari setelah percakapan tadi, saya diajarkan auditing oleh salah satu AR lainnya yang merupakan anggota IAI dan salah satu lulusan akuntansi USK. Saya juga baru tahu bahwa lulusan akuntansi banyak yang bekerja di kantor pelayanan pajak khususnya divisi saya. Hal ini sedikit banyak memudahkan saya dalam  berinteraksi karena kami berasal dari jurusan yang sama walaupun mungkin umur saya hanya setengah umur beliau-beliau ini. Ya,,walaupun kami lebih terlihat seperti orang tua dan anak, bukannya adik dan kakak letting. Oke balik lagi ke cerita awal kita tadi tentang belajar auditing, inilah moment yang sangat saya suka dengan belajar dari mentor langsung di lapangan karena jauh lebih efektif. Hanya dalam jangka waktu 15-30 menit  penjelasan, saya benar-benar mengerti konsep dan penerapan auditing ini , padahal awalnya ketika belajar mandiri samasekali belum ada bayangan bagaimana proses auditing ini. Selain itu, sebelum dijelaskan, saya sudah terlebih dahulu diberikan buku auditing sebagai bahan bacaan, sehingga nantinya ketika diberi penjelasan tidak seperti mulai dari awal dan bisa lebih cepat tangkap karena sudah membaca terlebih sebelumnya. Dalam penjelasan tersebut juga diperlihatkan contoh nyata dari laporan hasil audit pajak yang AR tersebut buat, yang perlu diperhatikan dari sebuah hasil audit adalah bagian opini audit karena dibagian tersebut lah yang menjelaskan suatu laporan telah memenuhi standar pelaporan wajar tanpa pengecualian atau wajar dengan pengecualian. Apabila wajar dengan pengecualian maka bagian pengecualiannya akan dijelaskan Kembali dibagian selanjutnya. Saya juga disuruh melihat contoh hasil audit laporan keuangan dari perusahaan yang sebelumnya laporan keuangannya telah saya download sehingga hanya perlu membuka Kembali untuk melihat laporan hasil audit, kita bisa melihatnya dibagian paling depan dari setiap laporan keuangan, khusus yang laporan keuangannya bertuliskan telah diaudit. Untuk isi laporan audit pajak dan hasil audit laporan keuangan sama. Setelah memperoleh sedikit penjelasan auditing ini dan melihat contohnya saya merasa sedikit lega, walaupun belum sempat melakukan audit mandiri setidaknya sedikit membuka wawasan saya untuk melihat bagaimana proses hingga hasil audit.

Lanjut ke cerita hari pertama magang saya tidak langsung diberikan pekerjaan, tetapi terlebih dahulu berkenalan dengan orang-orang yang ada didivisi saya karena kedepannya dengan beliau-beliau ini lah saya akan terus berinteraksi sehingga  akan sangat aneh apabila tidak saling kenal. Saya juga mulai mengobrol tipis-tipis terkait perkuliahan sekarang, dosen-dosen yang masih mengajar di Akuntansi-dari situlah saya tau bahwa beliau-beliau ini merupakan lulusan akuntansi USK-, tanya-jawab tentang kegiatan MBKM dan masih banyak lagi. Hari kedua dan selanjutnya saya mulai diberikan tugas-tugas kecil tidak lupa dijelaskan cara mengerjakannya dan apabila masih ada yang belum saya mengerti saya tidak sungkan-sungkan langsung bertanya agar nantinya tidak terjadi kesalahan dalam pengerjaan. Seminggu dua minggu berjalan, saat tidak ada yang bisa lakukan saya mulai diberikan tugas untuk memenuhi mata kuliah Analisa laporan keuangan, oh ya… sebelumnya ketika membahas tentang MBKM tidak lupa menyinggung mata kuliah yang masuk dalam semester ini, dari sanalah muncul mata kuliah Analisa laporan keuangan yang kemudian saya diarahkan untuk mendownload  laporan keuangan dari 3 perusahaan konstruksi yaitu ADHI, WSKT, dan TOTL untuk tahun 2019-2022, lalu melihat bagian laporan laba rugi dan neraca. Untuk melakukan analisa yang diperlukan hanya laporan laba-rugi dan neraca dalam bentuk excel agar mudah dalam menghitung. Setelah akhirnya selesai kemudian diberikan format perhitungan analisa laporan keuangan yang berisi rasio-rasio keuangan terdiri dari rasio likuditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas. Dengan menggunakan rasio-rasio tersebut kita hanya perlu memasukkan angka-angka yang sebelumnya sudah ada di laporan laba-rugi dan neraca mengikuti format tersebut. Setelah selesai saya mulai membuat tabel perhitungan dan grafik dari setiap rasio tahun 2019-2022 dan rata-rata industri agar mudah melihat perusahaan mana yang lebih bagus dan stabil. Hasil Analisa ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi investor dalam memilih untuk membeli suatu perusahaan, juga bisa untuk melihat apakah perusahaan tersebut sehat atau tidak dari segi liabilitasnya.

Terkait konstribusi saya terhadap kantor juga ada lohh, mulai dari  membantu pekerjaan para AR dengan menginput, menghitung, memindahkan, dan mengelompokkan data, serta masih banyak lagi hal-hal dasar yang saya lakukan untuk mempermudah pekerjaan AR selanjutnya. Terkadang saya tidak tahu pasti apa yang sedang saya input, hitung dan lakukan dengan data-data disini, karena kebanyakan dokumen disini  bersifat rahasia dan saya pun tidak bertanya karena saya paham mungkin tidak perlu diberitahu, cukup melakukan tugas saya sebagai pemagang. Selanjutnya saya juga selalu bahkan hampir setiap hari mengirim surat tagihan pajak (STP) kepada wajib pajak badan yang belum menyelesaikan kewajiban perpajakannya, yang saya lakukan memang bukan menerbitkan surat tersebut, saya hanya membantu menstempel, memasukkan ke amplop dan meletakkannya dibagian pengiriman untuk nantinya dikirimkan kepada pihak yang bersangkutan. Saya juga membantu menulis alamat untuk beberapa surat tagihan pajak yang dikirim dalam amplop yang sama dalam jumlah besar, dalam penulisan ini dibutuhkan konsentrasi yang tinggi agar tidak terjadi kesalahan tulis. Membantu mendapatkan tanda tangan untuk beberapa surat yang membutuhkan tanda tangan dari divisi lain juga sudah menjadi rutinitas. Saya belajar mencopy dokumen melalui printer, sehingga nantinya apabila ada yang ingin mencopy dokumen dalam jumlah banyak bisa menyerahkannya kepada saya, hal ini dapat meringankan pekerjaan AR sehingga waktu yang dimiliki bisa digunakan untuk melanjutkan kegiatan lain.

Oke sekian dulu ceritanya, pengalaman ini hanya berdasarkan sudut pandang saya seorang, jadi apabila nantinya ditemukan kalimat yang tidak relevan mohon dikoreksi. Terimakasih

 

Jane Johnson Co-founder
First, a disclaimer – the entire process of writing a blog post often takes more than a couple of hours, even if you can type eighty words per minute and your writing skills are sharp writing a blog post often takes more than a couple.
Author’s Profile

Search Blog

Post Serupa

About Bootstrap Admin We’ve been a focused on making a the sky
A yellow sofa We’ve been a focused on making a the sky
Our Camra Mega Set We’ve been a focused on making a the sky
Time to cook and eat? We’ve been a focused on making a the sky

Video Tutorials

View All Videos
Admin Panel - How To Started the Dashboard Tutorial
We’ve been focused on making a the from also not been afraid to and step away been focused create eye
Jane Miller on Mar 21 2021
Admin Panel - How To Started the Dashboard Tutorial
We’ve been focused on making the from v4 to v5 but we have also not been afraid to step away been focused
Cris Morgan on Apr 14 2021
Admin Panel - How To Started the Dashboard Tutorial
We’ve been focused on making the from v4 to v5 but we’ve also not been afraid to step away been focused
Carles Nilson on May 14 2021

Hottest Bundles

View All Offers
25 Products Mega Bundle with 50% off discount amazing
We’ve been focused on making a the from also not been eye
$28 Purchase
25 Products Mega Bundle with 50% off discount amazing
We’ve been focused on making a the from also not been eye
$27 Purchase
25 Products Mega Bundle with 50% off discount amazing
We’ve been focused on making a the from also not been eye
$25 Purchase

Activity Logs

There are 2 new tasks for you in “AirPlus Mobile App” project:
Added at 4:23 PM by
img
Meeting with customer
Application Design
img
img
A
In Progress
View
Project Delivery Preparation
CRM System Development
img
B
Completed
View
Invitation for crafting engaging designs that speak human workshop
Sent at 4:23 PM by
img
Task #45890merged with #45890in “Ads Pro Admin Dashboard project:
Initiated at 4:23 PM by
img
3 new application design concepts added:
Created at 4:23 PM by
img
New case #67890is assigned to you in Multi-platform Database Design project
Added at 4:23 PM by
Alice Tan
You have received a new order:
Placed at 5:05 AM by
img

Database Backup Process Completed!

Login into Admin Dashboard to make sure the data integrity is OK
Proceed
New order #67890is placed for Workshow Planning & Budget Estimation
Placed at 4:23 PM by
Jimmy Bold
Pic
Brian Cox 2 mins
How likely are you to recommend our company to your friends and family ?
5 mins You
Pic
Hey there, we’re just writing to let you know that you’ve been subscribed to a repository on GitHub.
Pic
Brian Cox 1 Hour
Ok, Understood!
2 Hours You
Pic
You’ll receive notifications for all issues, pull requests!
Pic
Brian Cox 3 Hours
You can unwatch this repository immediately by clicking here: Keenthemes.com
4 Hours You
Pic
Most purchased Business courses during this sale!
Pic
Brian Cox 5 Hours
Company BBQ to celebrate the last quater achievements and goals. Food and drinks provided
Just now You
Pic
Pic
Brian Cox Just now
Right before vacation season we have the next Big Deal for you.

Shopping Cart

Iblender The best kitchen gadget in 2022
$ 350 for 5
SmartCleaner Smart tool for cooking
$ 650 for 4
CameraMaxr Professional camera for edge
$ 150 for 3
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 1450 for 7
MotionWire Perfect animation tool
$ 650 for 7
Samsung Profile info,Timeline etc
$ 720 for 6
$D Printer Manfactoring unique objekts
$ 430 for 8